Hari Santri Nasional

Alasan Mengapa 22 Oktober Sebagai Hari Santri Nasional, Yang Pernah Harus Bangga!

22 Oktober Hari Santri Nasional
sahabatnesia.com

Hari Santri Nasional – Mengapa tanggal 22 Oktober ditetapkan sebagai Hari Santri Nasional?Mungkin dari kita ada orang yang bertanya-tanya seperti itu. Setiap acara pasti punya sejarah tersendiri. Dan setiap sejarah pasti memiliki makna dan filosofi yang perlu kita ketahui.

Sehingga kita sebagai umat Islam dan khususnya bagi santri harus mengetahui sejarah dan latar belakang yang ditetapkan pada tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional.

Hari Santri adalah hari untuk memperingati peran besar kiai dan santri dalam perjuangannya melawan pendudukan yang bertepatan dengan resolusi jihad dari Mbah KH. Hasyim pada 22 Oktober.

Itulah alasan mengapa Hari Santri Nasional ditetapkan pada tanggal 22 Oktober, yang Presiden sebelumnya Jokowi bantah pada 1 Muharram.

Secara historis membuktikan bahwa santri beserta pejuang lainnya memiliki peran yang sangat penting dalam merebut kembali kedaulatan republik Indonesia dari penjajah asing.

Presiden Jokowi juga telah memeluk peran historis santri. Mereka yang berpartisipasi dalam pertarungan dan berperan dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia antara lain KH. Hasyim Asy’ari yang merupakan salah satu pemimpin yang mendirikan Nahdatul Ulama, KH. Ahmad Dalan dari Muhammadiyah, A. Hassan dari Persis, Ahmad Soorhati dari Al Irsyad, dan Abdul Rahman dari Matlaul Anwar.

Belum lagi petugas atau pejuang Pembela Tanah yang banyak berasal dari para siswa. Jadi perjuangan para santri harus diperingatkan untuk menjadi salah satu hari yang lebih besar di Indonesia.

Makna itu terkandung dalam Hari Santri Nasional


Sejarah Hari Santri Nasional

sahabatnesia.com

Hari Santri Nasional yang jatuh pada tanggal 22 Oktober memiliki makna yang dalam bagi siswa itu sendiri.

Dalam sejarah, peran mereka dalam memperjuangkan bangsa ini dari penjajah tidak diragukan lagi. Mereka berjuang dan mengorbankan nyawa mereka untuk mempertahankan kemerdekaan bangsa.

Hari ini, tanggal 22 Oktober ditetapkan sebagai Hari Santri Nasional pada tahun 2015 oleh Bapak Presiden Jokowi. Hari itu adalah hari yang membangun semangat santri untuk lebih meningkatkan kualitas diri bagi kemajuan bangsa Indonesia ke depan.

Karena mengingat sejarah sangat penting. Dari sejarah kita akan mendapatkan pengetahuan dan wawasan yang begitu luas.Kenangan sejarah akan memberi pengetahuan di era modern ini.

Apa tujuannya Agar kita selalu mencari diri kita sendiri, untuk meningkatkan kualitas pribadi kita demi kemajuan bangsa Indonesia di masa depan.

Semarak Hari Santri Nasional Indonesia

Sumber http://sahabatnesia.com/author/arya28bpn/

Iklan

Tentang mtsagungalim

Bertaqwa Unggul dan Mandiri
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s